Friday, August 10, 2012

(Last trip) PLTU Suralaya

landscape PLTU,Suralaya

niatnya si satu kelas mau kunjungan ke PLTU ini, tapi prosedurnya kunjungan itu normalnya 3 bulan setelah pengiriman surat..alhasil kita kesana yang sekaligus didampingi Dosen Matkul bersangkutan (Dr.Djari,Manag.Pengelolaan Limbah) cuma bisa liat-liat dari atas bukit sekitar PLTU dengan penjelasan langsung oleh Project manager unit VIII (baru) oleh pak Djati langsung..
Waah..asik banget looh..serasa kuliah lapangan padahal niatan jalan-jalan..hee

para pencari ilmu (Rudi, Agung, Nisa)
 kebetulan yang diajak Pa Djati terbatas saja, nisa selaku PJ dan siapa aja yang mau,, dan Rudi sama Agung lah yang mau ikt..gk nyesel banget lah pokonya kita disana..
Pa Djati's Project (Unit VIII PLTU)

Disana pa Djati menceritakan banyak proses dari mulai batu bara (bahan baku) yang sudah ditambang menajdi bahan baku pembakaran uap air yang akan diubah menajdi energi panas dan dapat menggerakan turbin kemudian generator sebagai pembangkit listri. Aku sangat takjum melihat kaya akan teknologi yang diterapkan disni sehingga di setiap rumah disekitar Jawa-Madura-Bali mendapat aliran listrik, salah satunya ya dari sini..
Tapi, kalau dari beberapa aspek lingkungan yang aku pelajari, banyak sekali risiko pencemaran lingkungan disni, mulai dari Air panas yang dibuang ke perairan dapat mengganggu habitat perairan sekitar, lalu paparan debu dari lingkungan tanah yang sangat gersang dan panas juga limbah dari batu bara yang setelah dibuang menajdi sebuah abu yang dapat dimanfaatkan kembali.
Kalau dari paparannya pa Djati, gas buangan yang dihasilkan dari cerobong yang ada juga berisiko menghasilkan cemaran seperti yang bisa nimbulin hujan asam (tau kaan??hehe)
Overall jalan-jalan bareng dosen kali ini sangat berkesan sangat baik, dari sini aku juga bisa menilai seseorang itu jangan dipandang dari satu sisi atau satu ahli, karena bisa saja orang tersebut punya kemampuan lebih yang tersembunyi..
Thanks A Lot Sir...

No comments:

Post a Comment